[pusatkarir.stikku.ac.id] – Sidang Terbuka Senat Wisuda XIII Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan Program Magister, Sarjana dan Diploma Tahun Akademik 2020/2021 dilaksanakan pada hari Kamis (16/12/2021). Acara ini digelar secara luring di Aula Resort Prima, diikuti oleh 386 wisudawan dan disiarkan secara langsung via Youtube STIKes Kuningan.

Wisuda STIKes Kuningan T.A 2020/2021 telah meluluskan sebanyak 386 orang lulusan dari empat program studi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan, dengan rincian sebagai berikut: Program Studi Diploma III Kebidanan sebanyak 52 orang, Program Studi S1 Ilmu Keperawatan sebanyak 217 Orang, Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat sebanyak 85 orang dan Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat sebanyak 32 orang.
Acara wisuda STIKes Kuningan dihadiri oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH, Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan (YPBHK), Prof.Dr.Hj. Dewi Laelatul Badriah M.Kes., AIFO, Sekretaris, Mamad, S.KM, Bendahara, Hj. Oom Rohmah, S.Sos dan Dewan Pembina, H. Aruman dan H. Agus Johari, S.Sos. Hadir pula Dewan Penyantun yakni Mayjen TNI dr. Purwo Setianto, Sp.B.MARS, dr. Khairulsyah, MARS, dr. Ridwan Dwi Saputro, Sp.B dan dr. Andre Novan. Sementara itu tamu undangan yang datang yakni perwakilan dari Perguruan Tinggi se-kabupaten Kuningan, Polres Kuningan, Kodim 0615 Kuningan, organisasi mitra profesi, serta mitra Kerjasama STIKes Kuningan hadir dan menyaksikan acara wisuda hingga selesai.
Rangkaian kegiatan wisuda dimulai dengan penampilan seni tradisional dari UKM Lises STIKes Kuningan, dilanjutkan dengan prosesi senat dan pembukaan sidang terbuka senat STIKes Kuningan, pembacaan surat keputusan kelulusan dan pemberian gelar akademik oleh Cecep Heriana, SKM., MPH, pembacaan janji alumni, pelantikan dan pengambilan sumpah Ahli Madya Kebidanan dan S1 Kesehatan Masyarakat. Dilanjutkan dengan laporan akademik oleh Ketua STIKes Kuningan, Sambutan Ketua YPBHK, Sambutan Dewan Penyantun, kemudian pemberian penghargaan wisudawadn terbaik dari program studi S2 Kesehatan Masyarakat, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Keperawatan dan D III Kebidanan dan sambutan dari perwakilan mahasiswa yang disampaikan oleh Ega Chaniago, SKM dan ditutup dengan penutupan sidang senat wisuda XIII STIKes Kuningan.
Sementara itu, Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim, S.Kp., MH dalam laporan akademiknya menyampaikan berbagai program kerja yang telah dilaksanakan dan prestasi dosen juga mahasiswa STIKes Kuningan yang telah diraih. Beliau pun mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan dan penghormatan yang tinggi kepada orang tua wisudawan yang telah memberikan pengorbanan baik moral maupun materi sehingga bisa lulus dengan tepat waktu.
“Pada kesempatan kali ini saya mewakili seluruh sivitas akademika STIKes Kuningan, mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya dalam menyelesaikan studi di STIKes Kuningan. Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada seluruh orang tua/wali dan keluarga wisudawan atas keberhasilan putra/putrinya menyelesaikan pendidikan diploma, sarjana dan Magister di STIKes Kuningan. Saya sangat memahami dan bisa merasakan betapa banyak pengorbanan yang telah Bapak/Ibu lakukan, baik secara moral maupun material, demi melihat keberhasilan putra/putri Bapak/Ibu menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi. Karena itu, saya hanya bisa mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu kepada STIKes Kuningan.” pesan Ketua

Pada wisuda XIII STIKes Kuningan tahun ini yang mendapatkankan penghargaan sebagai wisudawan terbaik yakni Witri Dewi Mentari, MKM dari program studi S.2 Kesehatan Masyarakat, wisudawan terbaik program studi S1 Kesehatan Masyarakat yakni Ega Chaniago, SKM wisudawan terbaik program studi S1 Keperawatan yakni Mega Utami, S.Kep dan wisudawan terbaik program studi D III Kebidanan yakni Detri Wahayu Ayustianti, A.Md.Keb, sementara itu untuk wisudawan terbaik STIKKU yakni Ega Chaniago, SKM.

Cecep Heriana, SKM., MPH selaku Wakil Ketua I Bidang Akademik saat dihubungi tim humas mengungkapkan sangat bersyukur sengan pelaksanaan Wisuda XIII STIKes Kuningan tahun ini karena dapat terlaksana dengan bail atas Kerjasama semua panitia yang telah bekerja keras mensukseskan acara ini dan dukungan yang besar dari Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuaningan.
“Alhamdulillah wisuda tahun ini jumlah terbanyak wisudawannya 386 orang, pertama kali Wisuda Magister Kesehatan Masyarakat (MKM), surprise tambahan Beasiswa UKT 400an, penghargaan dari Bupati Kuningan untuk STIKKU atas pengabdian dalam penanggulangan Covid-19, dihadiri oleh Dewan Penyantun, wisudawan dan wisudawati terbaik mendapat cindera mata dari sponsor. Ini menjadi catatan sejarah Wisuda STIKKU. Selamat untuk wisudawan dan terima kasih kepada semua panitia yang bekerja keras mensukseskan acara ini dan tentu YPBHK yang telah mensupport kegiatan ini.” pungkasnya

Tak ketinggalan pula Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH MH dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan arahan kepada orang tua yang hadir diacara wisuda STIKes Kuningan agar senantiasa menjaga protokol Kesehatan ditengah pandemi covid-19 yang masih belum reda tingkat penyebarannya dan memberikan penghargaan kepada STIKes Kuningan atas pengabdiannya dalam penanggulangan Covid-19 di kabupaten Kuningan.

Diakhiri sesi acara penutup, Ir. Dharnita Chandra., M.Si selaku Plt. Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat-Banten dalam sambutannya mengapresiasi berbagi capaian dan prestasi yang telah diraih oleh STIKes Kuningan dalam beberapa tahun terakhir.
“Saya mengapresiasi capaian prestasi yang telah diraih oleh STIKes Kuningan sehingga menjadikan STIKes Kuningan perguruan tinggi Kesehatan terbaik diwilayah Jawa Barat-Banten. Kedepan semua program studi yang ada di STIKes Kuningan harus mendapatkan nilai Unggul baik institusi maupun program studinya.” ucapnya

Wisuda bukanlah purna tugas dari kita semua untuk berhenti belajar, namun sebaliknya, ilmu yang sudah didapatkan di kampus ini akan dilanjutkan untuk digunakan menyelesaikan dan membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan khususnya dibidang kesehatan yang semakin komplek dimasa depan. Selamat dan Sukses untuk Wisudawan dan Wisudawati STIKes Kuningan. Semoga sukses menyertai kita semua dan mendapat ridho dari Allah SWT. Aamiin.