[pusatkarir.stikku.ac.id] – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan (STIKKu) kembali menggelar Wisuda STIKKU XV Tahun 2023 yang dimulai dengan pelaksanaan Sidang Senat Terbuka Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan di gedung Horizon Tirta Sanita Kuningan, Rabu (10/05/2023).

Dalam sambutannya, Ketua STIKes Kuningan Dr. H. Abdal Rohim, S.Kp.,MH menyampaikan beberpa hal penting terkait pelaksanaan wisuda dan capaian prestasi Dosen dan Mahasiswa yang telah diraih selama satu tahun terakhir dan mengucapkan selamat kepada para wisudawan.
“Izinkanlah kami mewakili seluruh civitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan mengucapkan “ Selamat” semoga ilmu yang saudara dapatkan selama belajar di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan ini menjadi ilmu yang bermamfaat bagi saudara, masyarakat dan bagi bangsa Indonesia tercinta ini.” ucap Ketua

Acara Wisuda STIKKU XV dihadiri oleh Bupati Kabupaten Kuningan, yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Drs. H. Uca Somantri, M.Si, Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T.yang hadir memberikan sambutan secara virtual, Pembina Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan , Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan, Ibu Prof. Dr. Hj. Dewi Laelatul Badriah, M.Kes., AIFO, beserta Bendahara Yayasan, Ibu Hj. Oom Rohmah, S.Sos, Kepala BKPSDM Kabupaten Kuningan, Ketua Senat dan Anggota senat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan.. Dandenkesyah 03.04.03 Cirebon dan Mitra Kerjasama seperti Dinas kesehatan dan Rumah sakit, di berbagai daerah yang merupakan wahana praktik mahasiswa dan pengguna lulusan, para Pimpinan Perguruan Tinggi, para penyandang Beasiswa diantanya: Pemerintah Daerah, BRI, Baznas, Sari Husada dan JFLS Disdik Provinsi Jawa Barat. Para Organisasi Profesi: PPNI, IAKMI dan IBI.

Sementara itu, jumlah lulusan pada Sidang Senat terbuka wisuda ke 15 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan ini mencakup lulusan program Diploma, Sarjana, dan Magister. Adapun Jumlah lulusan sebanyak 194 orang yang mencakup program Diploma 2 orang, Program Sarjana 182 orang, dan Program Magister sebanyak 10 orang.

Sebagai mana diketahui bahwa STIKes Kuningan merupakan perguruan tinggi kesehatan yang dibanggakan dan sudah dikenal reputasinya secara nasional. Oleh karena itu pada kesempatan ini, saya mohon ijin untuk menyampaikan laporan akademik Tahun 2022/2023, laporan ini tentu sebagai bentuk pertanggung jawaban kami terhadap Pemerintah dan masyarakat. Jumlah mahasiswa STIKes Kuningan pada tahun akademik 2022/2023, sesuai data di Porlap DIKTI sebanyak 1.922 orang yang dating dari berbagai daerah baik dari jawa barat maupun dari luar jawa barat.
Pada Wisuda XV Tahun 2023 ini wisudawan terbaik diraih oleh Dewi Sri Gamar Zakaria, S.Keb dari Program Studi S1 Kebidanan dan Leti Tina Agustiani, S.Keb sebagai wisudawan terbaik Sarjana Kebidanan Program Alih Jenjang.

Beberapa prestasi akademik dan kelembagaan yang diperoleh STIKes Kuningan diantaranya:
1. Hibah Akselerasi Perubahan Bentuk dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas.
2. Hibah smart classroom dari Kemenristekdikti senilai 500 jt
3. Hibah Penelitian dari AINEC untuk tim Peneliti dari Prodi S1 dan Profesi Keperawatan.
4. Hibah Penelitian dari Kementristekdikti sebanyak 5 tim peneliti Lolos yaitu 2 tim dari Prodi S2 Kesehatan Masyarakat, 2 Tim dari Prodi S1 dan Profesi Bidan dan 1 Tim dari S1 Kesehatan Masyarakat
5. Dosen Prodi S1 Kesehatan Masyarakat terpilih sebagai Mentor Program FETP Intermediate dari CDC atalanta dan Kemenkes.
6. Dosen Prodi S1 Kesmas menjadi Keynote Speaker di Bangladesh atas dukungan Jhon Hopkins University dan FEB UI
7. Dosen Prodi S1 dan Profesi Bidan menjadi The Best Oral Presentation dalam Konferensi Internasional Kebidanan di Universitas Andalas
8. Prestasi Jurnal sebanyak 1 Jurnal terakreditasi Sinta 4 dan 2 Jurnal terkareditasi Sinta
9. Dosen Prodi S1 Kesehatan masyarakat publiksi pada Jurnal Scopus Q2 bereputasi tinggi
10. Penghargaan Tracer Study terbaik LLDIKTI Jabar Banten ‘Silver Winner’

Sedangkan prestasi Kemahasiswaan yang diperoleh STIKes Kuningan diantaranya:
1. 7 Mahasiswa lolos dalam program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) di USMI medan sebanyak 6 orang dan 1 orang di Universitas sam ratulangi Manado.
2. 5 mahasiswa lolos program kampus mengajar 2, kemudian 5 mahasiswa lolos kampus mengajar 4 dan 2 mahasiswa lolos kampus mengajar 5.
3. 1 mahasiswa sebagai Finalis Pilmapres LLDIKTI Wilayah 4 jabar dan banten
4. 1 mahasiswa sebagai Juara lomba poster tingkat regional (Zaenal Syahrul Musthofa )
5. Mahasiswa Kesehatan Masyarakat mendapatkan Juara 2 dan 3 Lomba Video kreatif katagori umum dalam acara batik Festival se Ciayumajakuning
6. I Mahasiswa mendapatkan juara 2 dalam lomba poster Nasional Kompetisi AIDS Day
7. 1 Mahasiswa keperawatan lolos pengabdian masyarakat dalam program “Kembara Abdi Pertiwi” di desa daun gresik bawean jawa timur dan selanjutnya 2 mahasiswa keperawatan dan kesmas lolos jilid 2 “Kembara Abdi Pertiwi” di Buleleng Bali
8. 2 mahasiswa Kesehatan Masyarakat mendapatkan juara 3 oral presentation junior public health research competition tingkat Nasional di Riau.

Selamat kepada seluruh wisudawan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan, semoga kesuksesan menyertai kita dimasa yang akan datang. (Humas)