[pusatkarir.stikku.ac.id] – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan (STIKKu) melaksanakan acara Wisuda XVI Tahun 2023. Acara Wisuda dilaksanakan di Resort Prima Panawaun Kuningan pada Kamis, 12 Oktober 2023.

Acara wisuda STIKes Kuningan dihadiri oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, Pimpinan Perguruan Tinggi se-wilayah III Cirebon, Rumah Sakit, Organisasi Profesi dan Mitra Kerjasama lainnya.
Jumlah wisudawan STIKes Kuningan yang diwisuda tahun ini sebanyak 416 mahasiswa yang terdiri dari Sarjana Keperawatan sebanyak 231 (Reguler 210 dan Non Reguler 21), Sarjana Kebidanan sebanyak 81 orang, Sarjana Kesehatan Masyarakat sebanyak 87 dan Magister Kesehatan Masyarakat sebanyak 17. Total prediksi dengan pujian sebanyak 297 dan sangat memuaskan 119 mahasiswa.
Wisuda STIKes Kuningan pada tahun ini diawali dengan Sidang Terbuka Senat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan Wisuda XVI, dilanjutkan dengan penyerahan ijazah bagi para mahasiswa dari berbagai program studi.
Dalam sambutannya Ketua STIKes Kuningan, Dr. H. Abdal Rohim, S.Kp., MH menyampaikan berbagai hal terutama kinerja Dosen dan prestasi Mahasiswa STIKes Kuningan yang mengalami banyak kemajuan diantaranya beberapa Dosen telah membuat karya tulis berupa buku, diantaranya:
1. Ns. Nanang Saprudin, M.Kep. judul buku : Leperawatan Paliatif, Patofisiologi untuk mahasiswa keperawatan, dan model teori keperawatan.
2. Hamdan, SKM., MKM Judul buku : Epidemiologi penyakit menular.
3. Ica Stela Amalia, MKM., MPH Judul buku: Pendidikan dan promosi kesehatan.
4. Bibit, Nasrokhatun Diniah, SKM., M.Kes, Judul Buku Pengendalian penyakit lingkungan, pengantar pengetahuan lingkungan.
5. Ns. Nining, Rusmianingsih, M.Kep Judul buku : Aplikasi manajemen Keperawatan.
6. Ns. Yanti Susanti, M.Kep. Judul Buku Swiss Ball exercise atasi nyeri low back pain berbasis evidence based practice.
7. Ns. Maesaroh., M.Kep. Judul Buku : Proses Keperawatan dan berpikir Kritis.
8. Ns. Mutia, M.Kep Judul Buku Penanganan hipertensi dengan DASH melalui edukasi.
9. Ns Aria Pranata, M.Kep, Judul Buku : Kesiapsiagaan manajemen bencana di Indonesia, dasar keperawatan professional, mengenal system imun dalam praktek asuhan keperawatan, keperawatan gerontik, keperawatan paliatif, prinsip dan keselamatan pasien.
10. Nurdewi Sulymbona S.Tr.Keb., M.Keb. judul buku Asuhan kebidanan pada persalinan.

Penerima Hibah Research.
1. Ns. Neneng Aria Nengsih, M.Kep dan Ns. Nanang Saprudin, M.Kep : Penerima hibah AINEC Research Awawd tahun 2023
2. Dr. Susianto, MKM : Penerima hibah penelitian Kemenristekdikti tahun 2023
3. Dr. Lely Wahyuniar, M.Sc Penerima hibah penelitian Kemenristekdikti tahun 2023
4. Bibit Nasrokhatun Diniah, SKM., M.Kes Penerima hibah penelitian Kemenristekdikti tahun 2023
5. A. Asrina, SST., M.Keb Penerima hibah penelitian Kemenristekdikti tahun 2023
6. Merisa Laora Haryanto, SKM., MKM Penerima hibah penelitian Kemenristekdikti tahun 2023
7. Cecep Heriana SKM., MPH., Ph.D Penerima program mentor FETP intermediate dan frontline.
8. Fitri Kurnia Rahim, SKM., MPHM: Research Dessemination conference 2023 di Bangladesh bekerjasama dengan Jhon Hopkins university dan FEB UI.
9. Dr. Mamlukah, SKM., M.Kes : Hibah riset GIV 2 Asia Kabupaten ponorogo dan kabupaten mojokerto Jawa timur.
10. Dr. Esty Febriani, M.Kes : mendapatkan program research dan pengambilan chief of farty USAID momentum project 2021-2026 dan project CHEER untuk kesehatan jiwa dan preventif TB.
11. Dera Sukmawati, S.Tr.Keb., M.Keb., MCE : The Best Oral Presentasition di universitas andalas padang.

Prestasi Mahasiswa
1. Dua mahasiswa dari program studi sarjana kesehatan masyarakat lolos kampus mengajar 5 tahun 2023
2. Delapan mahasiswa lolos program pertukaran mahasiswa merdeka tahun 2023. Terdiri dari 5 mahasiswa dari program studi sarjana keperawatan dan 3 dari program studi sarjana kesehatan masyarakat, 1 mahasiswa di UNSRAT Manado dan 7 mahasiswa USMI Medan.
3. Satu mahasiswa dari program studi sarjana kesehatan masyarakat masuk finalis pilmafres tingkat LLDIKTI IV jabar banten
4. Dua mahasiswa dari program studi sarjana kesehatan masyarakat Juara 2 dan 3 lomba video kreatif se-Ciayumajakuning katagori umum
5. Satu mahasiswa dari program studi sarjana kesehatan masyarakat Juara 2 lomba poster dalam acara nasional kompetiotion world AIDS Day 2022
6. Satu mahasiswa dari program studi magister kesehatan masyarakat dan 1 mahasiswa dari program studi sarjana kesehatan masyarakat lolos presentasi oral inovasi dan poster penelitian di UGM Yogyakarta.
7. Empat mahasiswa dari program studi sarjana keperawatan mendapatkan hibah penelitian mahasiswa “ Program kreativitas mahasiswa research eksakta dari LLDIKTI 4. dengan judul eksperimental keefektifan lotion dari ekstrak daun bidara dengan kombinasi daun pegagan untuk penyembuhan luka bakar. Pembimbing Ns. Lia Mulyati, M.Kep.
8. Empat mahasiswa dari program studi sarjana kesehatan masyarakat mendapatkan hibah penelitian mahasiswa “ Program kreativitas mahasiswa research eksakta dari LLDIKTI 4. dengan judul hubungan lingkun gan fisik, tingkat pengetahuan dan personal hygiene pada warga binaan masyarakat terhadap scabies di rumah tahanan kelas 1 Cirebon. Pembimbing Hamdan, SKM., MKM.

9. Tujuh mahasiswa mengikuti program KKN Tematik LLDIKTI 4 yang terdiri dari : 1 orang mahasiswa dari program studi S1 kebidanan, 3 mahasiswa dari program studi sarjana keperawatan, 3 mahasiswa dari program studi sarjana kesehatan masyarakat. mengikuti KKN Tematik LLDIKTI
Berbagai prestasi dan capaian Dosen dan Mahasiswa STIKes Kuningan membuat kinerja STIKes Kuningan di LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat semakin diperhitungkan oleh Kemendikbud RistekDikti RI. Selanjutnya dalam sambutannya Ketua STIKes Kuningan menitipkan pesan dan amanatnya kepada para Wisudawan agar senantiasa bersyukur dan bekontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara.
“Berkiprahlah di masyarakat dengan sebaik-baiknya, jagalah nama baik almamater ini, sehingga engkau bisa menjadi kebanggan orang tuamu, keluargamu, masyarakatmu. Dan Jangalah jadi beban di masyarakatmu, berperanlah secara aktif, jangan sampai tidak punya aktifitas, jangan sampai tidak punya kreatifitas, buatlah inovasi-inovasi baru, buatlah kegiatan di masyarakatmu yang membuat harum nama baikmu, keluargamu, almamatermu dan nama baik bangsamu. Saya berdoa kepada Allah untuk para wisudawan dan wisudawati, semoga menjadi manusia yang bermamfaat untuk umat, agama, dan bangsa.”. ucapnya

Dalam kesempatan yang berbahagia, STIKes Kuningan juga memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan kepada 3 Rumah Sakit yang banyak menyerap tenaga kerja dan alumni STIKes Kuningan yakni di Rumah Sakit Permata Kuningan, Rumah Sakit Juanda dan Rumah Sakit Mitra Husada. Selain itu, Bank BRI Kuningan juga memberikan Bantuan CSR Pengadaan Laboratorium Komputer untuk proses belajar mengajar di STIKes Kuningan.
Sementara itu, STIKes Kunigan juga memberikan penghargaan bagi Wisudawan Terbaik pada Wisuda XVI Tahun 2023 diantaranya:
1. Mahasiswa S1 Ilmu Keperawatan diraih oleh Refinda Yunita Permata Sari, S.Kep
2. Mahasiswa S1 Kebidanan Program Alih Jenjang diraih oleh Annisa Al Anshariyah, S.Keb
3. Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat diraih oleh Sehibul Azis, S.KM
4. Mahasiswa S2 Kesehatan Masyarakat diraih oleh Widya, M.KM dan
5. Mahasiswa Terbaik STIKKu Tahun 2023 diraih oleh Sehibul Azis, S.KM

Dipenghujung acara, disampaikan sambutan perwakilan dari Bupati Kuningan yang disampaikan oleh H. Mochamad Nurdijanto, S.H. M.Si selaku Asisten Administrasi Umum dan diakhiri dengan sambutan dari LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat Banten yang diwakili oleh Kapokja Humas, Tata Usaha dan Kerjasama Ibu Hevy Pratiwi, S.Ikom., M.M. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kinerja dari STIKes Kuningan yang selama beberapa tahun terakhir meraih berbagi prestasi seperti prestasi baik secara kelembagaan, dosen dan mahasiswa.
Prestasi kelembagaan STIKes Kuningan mendapatkan hibah akselerasi perubahan bentuk PTS menuju universitas, mendapatkan penghargaan Silver Winner in tracer study manajemen dalam acara anugrah LLDIKTI IV tahun 2023. Kemudian penghargaan dari LLDIKTI IV sebagai kategori predikat B pada akreditasi perpustakaan perguruan tinggi, mendapatkan hibah inovasi pembelajaran berupa smart clas room dari direktorat jenderal pendidikan tinggi
Selamat dan sukses bagi wisudawan STIKes Kuningan yang telah diwisuda, semoga semakin suskes dan berkah ilmunya bagi kemajuan Pendidikan di Indonesia.